Minggu, 13 Januari 2013

PERBEDAAN ANTARA PROCESSOR INTEL DAN AMD DILIHAT DARI KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA


Kalau ada yang ditanya Pilih AMD atau Intel? mungkin banyak yang bingung. Apalagi yang masih newbie(termasuk saya) dalam urusan komputer. Nama Intel mungkin familiar ditengah masyarakat, bagaimana dengan AMD?Nama ini mungkin masih cukup asing di telinga orang-orang. Meskipun kalah dari segi nama, bukan berarti AMD performanya jauh lebih rendah. Kali ini saya ingin membahas mengenai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. baik dari segi performa dan harga.


Intel
Intel bisa dikatakan sebagai pabrikan processor tersukses saat ini. Intel jauh lebih dikenal dibandingkan pesaingnya yaitu AMD. Intel memang memiliki kualitas yang baik dari segi performa. Intel juga cocok digunakan untuk aplikasi berat (cth: Photoshop) dan multitasking. Namun, dibandingkan pesaingnya, harga processor Intel beserta perangkatnya jauh lebih mahal dengan tingkatan level yang sama dengan AMD. Bahkan prosessor mereka yang berlabel ekstrim memiliki harga yang super mahal.


AMD
Kurang dikenal oleh sebagian orang menjadi salah satu kelemahan AMD. Nama mereka terlanjur tenggelam di bawah nama Intel yang jauh lebih terkenal. Dari segi performa, AMD cocok diperhitungkan. Dibandingkan Intel yang mengeluarkan processor berkualitas super tapi dengan harga yang tidak masuk akal, AMD mampu memberikan processor yang performa dan harga seimbang. AMD memiliki varian processor yang low cost, tapi memiliki kinerja yang baik bahkan mampu menyaingi processor dari Intel. Tapi AMD juga masih memiliki kekurangan, konsumsi daya mereka lebih besar dibandingkan processor Intel dengan tingkatan yang sama.

Kesimpulan
Intel menyediakan processor yang super kenceng, bahkan AMD belum mampu menandinginya. Tapi semua itu harus dibayar dengan harga yang selangit. Sedangkan AMD mengeluarkan processor dan harga yang seimbang. Meski belum mampu menandingi processor Intel. Manakah processor yang terbaik? Untuk saat ini, dari segi performa, kualitas dan nama, Intel boleh juaranya. Tapi untuk processor yang performa dan harga seimbang, AMD lebih cocok. Tetapi semua tergantung kepentingan masing-masing. Bagi yang memiliki budget tak terbatas dan membutuhkan processor untuk aplikasi berat Intel lebih cocok dibanding AMD dengan performa yang sama. Sedangkan bagi yang memiliki low budget dan merupakan computer gaming. AMD lebih cocok dibanding Intel. Namun, perkembangan teknologi sulit ditebak. Bukan berarti di masa depan kondisi ini akan tetap bertahan.

9 komentar:

  1. ok gan. . .tanx's atas masukanya. . . .

    BalasHapus
  2. Okee...
    Pembahasan yang cukup simple dan jelas drpd ulasan yg lain...
    Apalagi bagi pemula sprti saya...
    ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈

    BalasHapus
  3. hehehe.. nice post.
    saya mau koreksi aja di bagian kesimpulan. sejauh yg saya ketahui intel lah yg belum bisa menandingi amd. sebab hanya amd yg mampu mnciptakan processor 30 ghz. bukan 3,0ghz.

    untuk ketenaran. memang amd di bawah.. :)

    BalasHapus
  4. terimakasih gan blog anda menarik jangan lupa mampir ke http://girimiharja.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  5. trims gan XD ane lagi binggung milih procesor laptop maka nye cari info nih

    BalasHapus
  6. Hahaha setuju sama piama batik,,, lagian banyak para pecinta game yg mengunakan amd ,, bukan memilih atau memberatkan di sebagian pihak ,, hehe

    BalasHapus
  7. Post ini.. Sangat Membantu ^_^ Moga Lain Kali Juga, Jangan Lupa Ya..!! Kunjungi Blog Ane Juga : http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus